Siapa yang tidak pernah mengeluh? Semua orang di dunia ini pasti pernah melakukan sikap tersebut, begitu juga dengan saya. Apa karena mengeluh itu gratis kali ya? Hee…Tidak jarang kita mengeluhkan berbagai hal, mulai dari temen yang rewel, adek kelas yang bandel, kakak kelas yang supel, suasana yang tidak sesuai hati, atasan yang kurang perhatian sama kinerja kita, atau bahkan masalah cinta yang tiada pernah usai. Yah mungkin dari yang di sebutkan tadi pernah kita alami.

Kita sering mengeluhkan sesuatu hal atau kondisi. Ya harapannya, dengan berbagi keluhan itu bisa mendapatkan jalan keluar dari masalah-masalah kita. Lalu dengan siapa mengeluh? Haha, pertanyaan yang bagus. Keluhkan segala macamnya kepada Allah right? itu yang pertama, yang kedua cari orang yang bisa menampung keluhan-keluhan kita, kemudian dia dapat dengan baik memberikan solusi. Kita juga kudu mikir sobat, walaupun banyak mengeluh tapi kita juga jangan lupa usaha untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang kita keluhkan itu.

Eh, alangkah baiknya jangan mengeluh apalagi sampai berputus asa, yang berputus asa dari rahmat Allah itu hanya kaum kafir lho. . .jadi keep spirit bro!!! Kalo kita sudah tau sektor mana yang kurang baik, sikap kita ya memperbaiki, tentunya dengan kemampuan kita. Adapun kita tidak mampu ya sudah, wong kita sudah usaha kok. Mungkin cara pandang kita yang harus di ubah agar semua pikiran negatif berubah menjadi persepsi yang positif. Intinya, banyak hal yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki hal yang kita keluhkan kok.

Kalo hidup tidak ada masalah, ya itu bukan kehidupan yang sejati namanya. Selayaknya kita melewati jalan saja deh, tidak mungkinkan sepanjang jalan itu halus mulus tho? Pasti ada jalan yang rusak dan berbatu. Nah begitulah kehidupan yang sejati yang dimana masalah pasti ada dan kita patut bersyukur, karena Allah tidak membebani seseorang itu melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Firman Allah lho

Leave a Reply

3 Thoughts on “Mengeluh atau Cari Jalan Keluar?!

  1. sekrang orang mengeluhnya di tembok kaya ibadah suci orang yahudi.

  2. M. Anugrah Agung Jiwo on April 24, 2014 at 1:18 am said:

    Karena belum mengetahui arti keberadaan Tuhan yang sesungguhnya 🙂

  3. Cari jalan keluar bro, kan akeh dalan menuju rumah *eh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation